Senin, 15 Juni 2015

BENCANA ALAM AKIBAT GUNUNG MELETUS

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam,  faktor nonalam dan faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa,  kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Sedangkan bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor (Anonim, tanpa tahun-a).
Salah satunya adalah gejala alam seperti letusan gunung merapi terjadi karena aktifitas magma di dalam perut bumi dan biasanya terjadi dengan disertai gempa. Kita hanya dapat memprediksi terjadinya letusan gunung berapi. Letusan gunung berapi tentu menimbulkan kerusakan-kerusakan lingkungan seperti berikut. Abu bulkanik dan awan panas yang mengancam keselamatan jiwa makhluk hidup, aliran lahar atau lava panas dapat menghanguskan apapun yang dilalulinya serta mendangkalkan sungai, Apabila disertai hujan, kemungkinan banjir pun tidak dapat dihindari, setelah dingin, bekas aliran lava ini akan membeku dan membatu, diaman tentu tidak dapat kembali diolah menjadi lahan pertanian yang maksimal, roboh atau musnahnya bangunan , jalan, jembatan dan sebagainya, akibat aliran lava panas dan atau akibat gempa vulkanik yang menyertainya (Anonim, tanpa tahun-b).
Terjadinya letusan gunung berapi dapat terjadi Tsunami yang di karenakan gempa di dasar laut dan kejadian tersebut akan merusak wilayah di sekitar pantai. Tanda- tanda gunung berapi seperti gempa bumi tersebut dapat menyebabkan pemukiman di lereng gunung berapi merasakan getaran dan jika getaran gempa tersebut memiliki kekuatan yang sangat besar kemungkinan sangat besar dapat meratakan pemukiman di lereng gunung berapi.
Oleh karena itu, masyarakat di sekitar lereng gunung berapi harus memiliki antisipasi seperti halnya memiliki tanah lapang di sekitar rumahnya agar jika sewaktu- waktu terjadi gempa bumi akibat gunung berapi dapat menyelamatkan diri dan tidak akan menyebabkan korban jiwa. Selain itu, warga daerah lereng juga harus memiliki rumah anti gempa atau membangun pondasi rumah yang kuat dan dengan itungan yang sesuai agar tidak menyebabkan kerugian yang besar.



DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar